[Quotes] Cerita Segelas Kopi by Melanie Subono

November 17, 2012 § Leave a comment

Cinta Segelas Kopi. Melanie Subono. Penerbit Qanita. 2011

[hal.6]

Di tahun yang ke-15 ini, gue berjuang setiap hari dengan migrain di kepala gue. Dengan mood yang semakin berantakan. Dengan kenyataan bahwa gue tidak bisa punya anak, dan juga kenyataan bahwa bayi tabung adalah hal terlarang untuk gue. Dengan kenyataan bahwa lebih banyak masa gue bahkan tidak bisa melayani seorang suami dengan kondisi pendarahan.

Hari ini, di bulan Agustus 2011 ini, gue belajar bahwa gue akan menopause. Gue mengalami hot flush beberapa kali sehari. Gue punya dua benda tumbuh lagi di kanan kiri perut gue, masing-masing sudah mencapai 3 dan 7 cm ….

[hal. 7]

“Kok lama banget albumnya keluar?”

“Kok makin lemah suaranya powernya ilang.”

“Kok badannya gitu sih sekarang?”

“Aduhhh lagunya kok masih soal wanita, soal semangat, dan lain-lain sih?”

But who cares? Seni adalah obat gue. Jutaan orang jauh lebih tidak beruntung dari gue.

[hal. 83]

Betapa banyaknya orang bule yang berada di antara jajaran pemain musik angklung, mengikuti kursus gamelan, belajar tarian daerah, atau mengambil sastra Indonesia. Sementara kita sejak kecil akan mengajarkan anak tari balet, belajar bermain alat musik piano, dan lebih bangga bisa berbahasa Inggris ketimbang mempelajari sesuatu yang lebih tentang negara kita?

[hal. 91 under Nasiowhat?]

Begitu pula dengan hal lain yang sangat membuat gue syok. Anggaplah sepakbola.  Kok bisa-bisanya kita MEWAJIBKAN diri kita untuk menang? Kalau klub lawan menang, kita hadang, pukulin, cari ribut. Atau kalau jagoan kita nggak menang, kita maki-maki, kita kesel.

Lah, kenapa nggak kita saja main bola sendiri? Atau cari idola yang memang pasti menang terus, idolakanlah tukang sulap, atau Tuhan, jangan manusia biasa. Jadi bisa menang terus…

 

 

Really like your writing, Mel…

 

 

 

 

Tagged: ,

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading [Quotes] Cerita Segelas Kopi by Melanie Subono at Little Cubicle.

meta

