[Flash Fiction] Money Talks

August 20, 2010 § Leave a comment

“Lu pikir kita udah merdeka?”

Semua tukang ojek yang duduk di depan warung Yu Sri langsung mengalihkan pandangan, dari lomba panjat pinang di lapangan sebelah pada Tono.

“Heh?” Bang Kohar bengong. “Ngoceh apa lu, Ton?”

“Lho iya tho?” Tono menunjuk ke batang pinang itu. “Itu simbol kemiskinan rakyat! Dari dulu sampai sekarang, setiap ulang tahun kemerdekaan, kita disuruh mengemis hadiah tak seberapa yang digantung di sono. Kita butuh lebih dari hadiah setahun sekali. Kita butuh lebih banyak pekerjaan yang layak di ibukota ini! Bukan teror tabung gas yang meledak dan harga sembako yang gila-gilaan!”

Semua orang ternganga.

“Wah, Tono keren nih,” Slamet memandang heran teman sekampungnya itu. Indah anak Yu Sri juga terpana.

“Jadi kita belum benar-benar merdeka,” sambung Tono, tampak ge-er diperhatikan Indah. “Selama masih terpenjara kemiskinan.”

Yang lain manggut-manggut. Hanya Bang Kohar yang masih curiga. “Wah, lu emang lagi puasa ya Ton? Tumben ngomongnya insap.”

Tono cengar-cengir, melirik Indah.

“Ton!”

Semua menoleh. Raihan menghampiri, tubuhnya belepotan oli.

“Enak banget elu duduk-duduk doang. Anak-anak minta beli traktiran sekarang, nih, sekalian buat buka puasa! Kemarin duitnya masih sisa kan? Kita udah capek-capek bikin panjat pinang…”

“Duit? Duit apa?” Bang Kohar langsung waspada mendengar kata duit.

Tono berlagak bloon, tapi Raihan nyerocos. “Tono lagi kaya, Bang! Dapet duit banyak buat tujuhbelasan.”

Bang Kohar bengong sesaat, dan seketika ngakak, “Waduh, ternyata elu juga ngurus tujuhbelasan,Ton?”

Slamet menoyor kepala Tono. “Yaelaaah, gayamu ngritik Tooon! Nggak taunya elu makan juga tuh duit tujuhbelasan. Dasar!”

Tono meringis. Apalagi ketika melihat Indah manyun dan melengos pergi.

(by nita)

Advertisements

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading [Flash Fiction] Money Talks at Little Cubicle.

meta

%d bloggers like this: