[Flash Fiction] Pria Beruntung

April 26, 2010 § Leave a comment

My flash fiction, 1st Winner of Flash Fiction Writing Competition of Batam Pos, April 2010

PRIA BERUNTUNG

“Handphoneku baru, Lan.”

Giring baru masuk—lonceng kecil di atas pintu berdenting.  Aku berjalan sambil memberi komando anak buahku.

“Ded, tuh masih banyak rambut. Sapu yang bersih! Kacanya belum licin, Man.”

Setelah meletakkan koran pagi di meja kecil, kubalik tulisan di pintu kaca. Ruslan Barber Shop-BUKA.

Giring masih mengikutiku. “Kalo fesbukan fotonya jelas. Layarnya gede.”

Kulirik HP berkualitas rendah itu. Giring pernah cerita, ia menabung setengah mati untuk membelinya—dia kerja di tempat fotokopi.

Lonceng pintu berdenting lagi.

Pak Wendo adalah orang kedua setelah Giring yang setia ‘menyantroni’ kios cukur rambut milikku setiap pagi.

Giring menghampirinya, “Pak! Mau liat handphone baru saya?”

Aku memutar bola mata, setengah bosan. Giring selalu datang untuk setor cerita dan minta teh. Sementara Pak Wendo rutin menumpang baca koran.  Yang membuatku jengah, pria tua itu juga seorang tukang cukur rambut.

Meski pelanggan kami beda usia (dan kiosnya di seberang jalan lebih sepi)  tapi aku curiga ia diam-diam memerhatikan teknik kerjaku. Bukannya sombong, tapi aku sebagai pendatang di tempat ini jauh lebih sukses dibanding dirinya.

“Nak Ruslan,” kata Pak Wendo.

“Eh… ada apa, Pak?”

“Saya mau pamit.” Wajah Pak Wendo cerah. “Mulai besok saya pindah kerja. Terima kasih sudah meminjamkan koran setiap pagi.”

Aku bersorak dalam hati. “Oh, pindah ke mana?”

“Ke Istana.”

Istana?

“Staf Presiden yang minta. Langganan lama. Dan saya akan ajak Giring. Asisten di sana butuh operator fotokopi. Sebenarnya saya ingin ajak Nak Ruslan juga. Tapi kios Nak Ruslan sudah maju sekali, pasti sayang kalau ditinggalkan ya?”

Giring melongo. Aku kehilangan suara.

Tagged: , ,

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading [Flash Fiction] Pria Beruntung at Little Cubicle.

meta

